RAMADHAN-KU




Bismillahirohmaanirrohiim....

Ramadhan ( puasa ) 2024 , setelah 8 tahun tanpa ibu dan 6 tahun tanpa ayah.  Terbuka kembali kenangan kebersamaan ramadhan kala keluarga masih lengkap. Ya, ketika kami masih kecil-kecil. Keramaian dan keriuhan selalu ada.  Mulai dari yang selalu marah-marah, nyanyi-nyanyi, bercanda, berdiam diri, cari kesibukan dengan mainan dan bacaan, hingga yang usil satu sama lain. 

Keluarga kami keluarga besar dengan 12 orang anak. hal yang membanggakan buat kami, walau  mungkin tidak demikian bagi  orang lain.  Masih terbayang  senyum ayah ibu  saat melihat kami  membuat kelucuan. Saat menggendong dan menyusui adik bayi, saat mengenakan adik-adik baju, dan hal yang paling berkesan ketika mendengar senandung ayat-ayat  al-qur'an dan sholawat yang tak pernah lepas dari mulut ibu ketika memasak.

Kala Ramadhan tiba, sejak siang kami sudah sibuk membersihakan rumah, tamu agung akan datang. -Semua gordyn dicuci, semua lantai dibersihkan dan disikat, barang-barang yang tak penting disingkirkan. 

Ahad, 10 Maret 2024, semua libur. menunggu informasi jadual puasa hari pertama. bagi warga Muhammadiyah sudah sejak lama diumumkan bahwa tahun 2024 puasa hari pertama jatuh pada hari senin  tanggal 11 Maret 2024. Sedangkan warga NU dan pemerintah tadi sore mengumumkan bahwa puasa dimulai pada hari selasa tanggal 12 Maret 2024. 

Perbedaan yang memiliki dasar yang jelas sudah biasa terjadi di Indonesia, sehingga tidak menjadi pemicu masalah apapun, Saling menghargai dalam perbedaan adalah rahmah. 

Kami mulai tarawih malam tadi, dan sekarang saatnya sahur.  Menu sahur pertama: Nasi putih, air putih hangat, sayur bayam wortel, empal goreng dan telor rebus, buah? adanya rambutan.

Mari sahur dan niat untuk sebulan..



Bekasi, 11 Maret 2024


Comments

  1. Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadan Kak Ewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berpuasa juga yha ...semoga selalu sehat dan ibadah ramadhannya lancar

      Delete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa Kak Ewi, Semoga senantiasa sehat dan berkah barokah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. ...sehat sehat dn berkah ya Bu Fannie....semoga Ramadhan mendidik kita untuk lebih baik. Aamiin.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PROFIL

SAVE PALESTINE! SAVE HUMANITY!

Rambutan Harga Unik