ELABORASI PEMAHAMAN PGP ANGKATAN 7




  RUANG ELABORASI PEMAHAMAN 

Program Guru Penggerak yang kini mulai memasuki seleksi angkatan 10 tampaknya makin ramai diminati para guru dari sekolah negeri maupun swasta.  Salah satu program unggulan KemendikbudRistek  era Mas Mentri Nadiem Makarim dalam Kurikulum Merdeka ini  memiliki  banyak keunggulan .  Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik di berbagai jenjang sekolah.  Program ini  harus melalui proses panjang  dan perencanaan yang matang. Melibatkan berbagai unsur pendidikan  dan profesional. Bagaimana tidak, untuk proses seleksi awal saja  Calon Guru Penggerak 9 CGP ) dan Pengajar Praktik ( PP )  harus bersaing ketat dengan ratusan ribu peserta  lain di tiap angkatan . Kemampuan literasi dan  implementasi dari pemahaman tentang kiprah guru di dunia pendidikan  diujikan melalui seleksi tertulis, berkas, simulasi mengajar dan wawancara. 

Alur MERDEKA yang menjadi keunikan di tiap proses mempelajari modul dalam LMS kegiatan PGP harus dilalui oleh Calon Guru Penggerak . Pengajar Praktik akan mendampingi para CGP dalam proses  menyelesaikan tiap modul melalui proses luring dalam kegiatan Pendampingan Individu dan Lokakarya.. Sedangkan kegiatan pembelajaran CGP secara daring akan dipantau, didampingi  dan dievaluasi  oleh Fasilitator.  Penilaian akan berjalan selama proses Daring dan Luring, yang pada akhirnya nanti akan menentukan kelulusan para Calon Guru Penggerak untuk menjadi Guru Penggerak. Nah.... Sang Guru Penggerak inilah yang menjadi harapan Mas Mentri untuk dapat menjadi pemimpin pembelajaran bagi siswa, bagi guru lain dan bagi sekolah . Mereka dbekali dengan berbagai kompetensi yang dapat membuat mereka menjadi pribadi yang dewasa , matang dan berkualitas. 

Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Konstekstual . Elaborasi Pemahaman , Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata, merupakan uraian dari alur MERDEKA.  Tahapan tersebut memuat berbagai bentuk kegiatan. Mulai dari menulis untuk menuliskan refleksi  dan umpan balik, membaca dan menonton video dalam eksplorasi konsep,  CGP bersama Fasilitator dan PP melakukan tatap maya sebagai ruang diskusi dan penyamaan persepsi dalam ruang kolaborasi,Melakukan praktik dan  membuat karya  sebagai demontrasi kontekstual ,  Elaborasi Pemahaman sebagai penguatan  kegiatan sebelumnya,  yang dilakukan bersama antara instruktur, fasilitator, PP dan CGP.  Koneksi antar materi dibuat oleh CGP untuk dapat menjelaskan keterkaitan materi dan memberikan refleksi dalam suatu modul  , diakhiri dengan aksi nyata  berupa kegiatan praktik di sekolah dari  berbagai modul yang telah dipelajari    sebelumnya.

Siang kemarin bagi CGP angkatan 7 sudah memasuki tahap Elaborasi pemahaman  dari modul 2.3 tentang ketrampilan Coaching dengan instruktur, Fasilitator  dan PP.  Mulai tanggal 27 Maret hingga jelang lokakarya ke 4 ditanggal 15 April 2023  akan dilakukan Pendampingan Individu ke 4 oleh PP ke sekolah CGP dengan  kegiatan Observasi mengajar  untuk pengembangan diri dalam hal pembelajaran berdifferensiasi,  budaya positif dan implementasi ketrampilan sosial emosional . 

Semangat terus para aktor PGP, semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Pembawa perubahan dunia pendidikan  menjadi lebih berkualitas. Menebar keunggulan kompetensi dalam semangat berbagi


 Bekasi, 25 Maret 2023

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL

SAVE PALESTINE! SAVE HUMANITY!

Rambutan Harga Unik