TEKNIK PROMOSI BUKU

 



Resume Ke                                : 19
Gelombang                                : 20
Hari / Tanggal                            : Senin, 23 Agustus 2021
Tema                                          : Teknik Promosi Buku
Nara Sumber                              : Akbar Zainuddin, M.M, MJW
Moderator                                  : Sri Sugiastuti, M.Pd


" Sebagus apa pun produkmu , tak akan  dikenal orang tanpa promosi yang  efektif "
Helwiyah


Ditemani  roti kukus hangat warna  ijo isi coklat keju dan hazelnut, kopi belum dibuat. Perangkat berpacu di laju F1 sudah disiapkan. Laptop, android dengan kabel charger lengkap standby di sisi. Makan malam sudah usai , semoga aman malam ini tanpa  lagu lagu  syahdu kiri kanan. 

Pertemuan ke 19 dibuka oleh Om Jay,  dengan memperkenalkan nara sumber dan moderator.  kesan om jay,  Menaklukkan  ribuan orang belum tentu disebut sebagai pemenang , tapi mampu mengalahkan diri sendiri itulah yang disebut penakluk gemilang.
Bu Kanjeng yang setia menemani peserta , kembali membantu menjadi moderator antara nara sumber dan peserta malam ini.

Berkenalan dulu dengan nara sumber malam ini yuuk......

Pak Akbar kelahiran  Banyumas  Jawa Tengah , 7 Februari 1973. . Tamatan S1 UIN Jakarta, S2  di Sekolah Bisnis Prasetya Mulya  dan sedang menyelesaikan S3   Program Doktor  Manajemen SDM di UNJ . Dari buku buku yang dihasillkan banyak berfokus ke Man Jadda Wa Jadda, apa mungkin sehingga di belakang nama beliau dicantumkan titel MJM?

Pak Akbar sudah menulis 15 buku sejak 2010. Buku tentang menulis yang berisi panduan  menulis buku dalam 180 hari  dari A sampai Z diberi judul UKTUB. Keunggulan buku ini karena memiliki 150 an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah dan anggota IKAPI. 

Berikut 2 buku yang beliau unggulkan 

 7  cara Promosi  buku biar jadi Best Seller yang beliau sampaikan melalui link youtube beliau


Ada 4 strategi  pemasaran   yaitu : 4 P
Product, Price, Place and Promotion.

Product
Target pembaca akan menentukan strategi pemasaran. Sebelum  menulis buku tentukan dulu Target Audience .  Buku  yang akan kita tulis siapa sasarannya., siapa pembacanya. tentukan dulu life style pembaca buku. Untuk anak anak  umumnya berwarna, banyak ilustrasi gambar, tulisan  besar besar dan sedikit, untuk remaja  lebih funky, enak dilihat tidak standar, sedangkan untuk  resmi /formal umumnya lebih standar. Umumnya itu domain penerbit. Penulis dapat memberi masukan pada penerbit.

Price
 Menentukan harga biasanya tanggung jawab penerbit. Umumnya ada 2 strategi
Harga buku secara umum dan harga buku  dijual dengan harga premium. Harga buku premium jika memiliki nilai tambah, misalnya hardcover, ditambah bonus bonus ( voucher seminra, workshop dan lain lain ).

Place Of Distribution

Distribusi terbagi dua :  Distribusi tradisional dan non tradisional
Disrtibusi tradisional  melalui toko toko buku,  baik jaringan nasional maupun lokal.
Distribusi  non tradisional diantaranya melalui "
1. MLM  ( Multi Level marketing )
2. Penjualan Langsung
3. Market Place / E Commerce ( Lazada, bukalapak,  Tokopedia, Shopee dan lain lain .

Promotion 
 Program promosi biasanya dilakukan oleh penerbit dan penulis. Program promosi yang dpat dilakukan
Pertama :
Launching Buku untuk meluncurkan buku baru,bisa di aula,lembaga pendidikan,hotel,atau dimana saja.
Biaya lanching bisa dari penrbit dan penulis, asalkan kita bisa meyakinkan bahwa buku akan laku.
Di toko buku gramedia, menyediakan tempat untuk launching buku.

Kedua :
Bedah Buku, adalah  acara diskusi untuk membedaha isi buku kita.. Bedah buku bisa secara online maupun offline. Offlibe kita bisa bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim , masjid dan sebagainya.
Saat ini  mudah untuk bedah buk secara online melalui FB, IG, WA grup, Zoom, GM dan sebagainya.

Ketiga :
Seminar atau workshop dengan  tema  sesuai buku kita.  Awalnya bisa gratism karena tjuannya promosi. lakukan secara kontinyu.  Jika offline bisa di sekolah, jika online bisa memalui media sosial.

Kempat :
Membangun komunitas, yang disesuaikan dengan tema buku kita.  Jika  tema   tentang guru dan pendidikan, bangun komunitas dengan guru guru. . komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca. Nara smber membangun kominutas dengan santri, remaja, bisnis , guru dan sebagainya.  Komunitas di  dibangun melalui WA grup, sesekali seminar  melalui zoom.

Kelima :
Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang orang yang mau  menjalkan buku kita dan mendapatkan komisi dari hasil  yang terjual. komisi 20-20 persen dari harga jual. Reseller akan memudahkan  penjualan buku. 

Keenam ;
Jualan di marketplace seperti Lazada, shopee, tokopedia, buka lapak dan sebagainya. Membuka toko di market place akan meluaskan promosi  dan distribusi . Sehingga memudahkan jika orang mencari judul buku kita. 

Ketujuh :
memanfaatkan media sosial (medsos ) untk promosi buku. Manfaatkan followers dan subscriber dengan memberikan  informasi tentang buku. Pengaruhi orang orang untuk  untuk menjadikan buku sebagai kebutuhan utama.. Dengan membangun kebtuhan membaca, maka memudahkan proses menjual buku.

Ringkasan Tanya Jawab :

 Syafruddin  dari Tolitoli
Jawaban :  
Menguasai teknik  promosi buku dari belajar . Belajar dari orang orang yang bukunya laris. Belajar dari membaca buku dan diaplikasikan. Belajar teori pemasaran. Pelajari kebutuhan dan orang dan  menjangkau mereka. belajar lalu praktikkan.

Sri Sugiastuti dari Solo :
Jawaban:
Buku dijual melalui beberapa kanal, Gramedia, langsung, shopee, saat ini sedang dibangun melalui reseller. Dibuatk an flyer, broadcast, diberi pelatihan, materi buku buku. Reseller memperluas pemasaran.Komunitas dibangun karena saling memberi manfaat. Manfaat yang diberi  nara sumber adalah ilmu  menulis.  Dilatih untuk dapat menulis, jika belum bisa solo bisa dengan antologi. Kerangka, tema, diajarkan hingga komunitas dapat menulis dengan tema yang kuat dan berciri khas.

Bu Kanjeng dari Solo
Jawaban;
Prospek perbukuan di era digital , saat ini masih tinggi minat di buku kertas. Prospek ke depan  kodrat alam akan mengikuti perkembangan  zaman untuk ikut menerbitkan buku digital. Secara praktis saat ini memang masih banyak orang  lebih minat ke nonton. Melalui youtube kadang kurang mendalam . Jadikan youtube hanya pintu masuk untkmembaca buku. 

Endang  dari Depok 
Jawaban :
Jangan fokus pada Kendala yang dihadapi dalam promosi buku, tapi pada solusi.  Perbaiki promosi jika apa yang kita sampaikan tidak mendapat tanggapan.  Masalah membuat kita pintar..  Update status buku karya kita setiap hari. jangan bosan. 

Aam Nurhasanah  dari Lebak 
Jawaban:
Bebaskan saja diri kita , jangan terikat dengan ketentuan atau teori menulis. Jika ingin trampil menulis, menulislah setiap hari, menulislah dari hati, jangan terpaku dengan teori. Nanti akan ketemu  style kita. Tulisan kita akan berbeda  .Menulislah secara  alami. 

Bu Kanjeng dari Solo
Jawaban :
Ketika kita mengajak  atau membangun sekitar untuk menulis, kemudian ada yang gugur. Semua bergantung pada kesabaran dan konsistensi.  1-2 orang pun tetap di bimbing karena mungkin akan menjadi unggulan dari apa yang kita lakukan. Tunjukkan ajakan kita memberikan kebaikan bagi orang lain.
ada 2 pola jualan : hard selling, langsung menawarkan spesifikasi barang dan detailnya dan soft selling, terus menulis dan  sosialisasikan walaupun buku belum terbit.  Kisah man jadda wajada, respon pembaca  atas buku man jadda wajada yang disosialisasikan.  Berbagi kisah dan selling di selang seling.

Helwiyah dari Bekasi
Jawaban ;
Berawal penjualan buku untuk para santri dengan harga Rp 50.000.  ragu laku atau tidak.  Ada Teman berkata Yakinkan bahwa manfaat yang akan mereka terima akan jauh lebih besar dari apa yang mereka keluarkan. 

Bu Diyah dari Malang
Jawaban : 
 Promosi melalui update status WA dan WA grup efektif untuk promosi. Selama tidak melanggar aturan grup.  Kelebihan buku premium Pak Akbar dengan memberikan voucher  pelatihan.

Aneng Sri Mulyani dari Kuningan 
Jawaban ;
Aplikasi untuk merevisi tulisan secara digital mengenai ejaan atau ssalah ketik tidak ada.

Catatan Penutup

Tugas kita bekerja, buat program, lakukan promosi sebanyk banyaknya . biarlah hasil  Allah yang menentukan. Kita bisa dan mampu jika kita yakin. Menulis itu ktetrampilan, semakin rajin berlatih, akan semakin  hebat tulisan kita. 
Buat target, rencana, jalankan, evaluasi. bila gagal, coba lagi.
Sebagai penulis, kalau bisa kita memiliki beberapa ketrampilan  untuk membantu proses penjualan buku.
1. Ketrampilan Berbicara
2. Ketrampilan  Copywriting (  Mambuat kata menarik untk promosi  dan penjualan )
3.  Pemanfaatan  Teknologi informasi



Refleksi Diri :

" Kembangkan sayap, tebarkan jangkauan, libatkan orang lain  untuk memperkenalkan karya kita"

" Keyakinan akan keberhasilan  promosi yang kita lakukan akan meningkatkan motivasi berbuat"


 "  Yakinlah bahwa manfaat dari buku yang kita jual lebih besar dari apa yang mereka keluarkan"

" Media sosial saat ini efektif  untuk promosi buku, manfaatkan  dengan bijak dan efektif "


Bekasi, 23 Agustus 2021












Comments

  1. Melaju menulis di jalur F1 ditemani ..... Mantap banget Bu...

    ReplyDelete
  2. luar biasa...Bu Ewi selalu kerren tulisannya

    ReplyDelete
  3. Roti kukusnya ..hmmm..nyammi..👍👍

    ReplyDelete
  4. Haha...Elegi Roti Kukus....
    Mantabs moms..lengkap2..kap..informatif...🥰👍

    ReplyDelete
  5. selalu keren dan lengkapnyaa.. mantul

    ReplyDelete
  6. Hebat Mom.
    Dapat melakukan gerak cepat membuat rangkuman berupa VN

    ReplyDelete
  7. Seperti produk roti kukus, tanpa promosi takkan dikenal orang ya bun, hiihiii.... resuma yg lengkaaapp ..👍👍

    ReplyDelete
  8. Kembangkan sayap, tebarkan jangkauan, libatkan orang lain untuk memperkenalkan karya kita"

    asal jangan tiru puan yang kepak sayap puan maharani untuk 2024 saja....

    Selalu ada kuote dan refleksi. Lengkap dan makin mantap. SEMANGAT yundaku

    ReplyDelete
  9. Yuk promosikan bukunya dengan ilmu yang diberikan Pak Akbar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BUKU Mahkota Penulis, BUKU Muara Tulisan

DUNIA KECILKU DI KELAS IB

Rambutan Harga Unik