TEKNIK PROMOSI BUKU
Resume Ke : 19
Gelombang : 20
Hari / Tanggal : Senin, 23 Agustus 2021
Tema : Teknik Promosi Buku
Nara Sumber : Akbar Zainuddin, M.M, MJW
Moderator : Sri Sugiastuti, M.Pd
" Sebagus apa pun produkmu , tak akan dikenal orang tanpa promosi yang efektif "
Helwiyah
Ditemani roti kukus hangat warna ijo isi coklat keju dan hazelnut, kopi belum dibuat. Perangkat berpacu di laju F1 sudah disiapkan. Laptop, android dengan kabel charger lengkap standby di sisi. Makan malam sudah usai , semoga aman malam ini tanpa lagu lagu syahdu kiri kanan.
Pertemuan ke 19 dibuka oleh Om Jay, dengan memperkenalkan nara sumber dan moderator. kesan om jay, Menaklukkan ribuan orang belum tentu disebut sebagai pemenang , tapi mampu mengalahkan diri sendiri itulah yang disebut penakluk gemilang.
Bu Kanjeng yang setia menemani peserta , kembali membantu menjadi moderator antara nara sumber dan peserta malam ini.
Berkenalan dulu dengan nara sumber malam ini yuuk......
Pak Akbar kelahiran Banyumas Jawa Tengah , 7 Februari 1973. . Tamatan S1 UIN Jakarta, S2 di Sekolah Bisnis Prasetya Mulya dan sedang menyelesaikan S3 Program Doktor Manajemen SDM di UNJ . Dari buku buku yang dihasillkan banyak berfokus ke Man Jadda Wa Jadda, apa mungkin sehingga di belakang nama beliau dicantumkan titel MJM?
Pak Akbar sudah menulis 15 buku sejak 2010. Buku tentang menulis yang berisi panduan menulis buku dalam 180 hari dari A sampai Z diberi judul UKTUB. Keunggulan buku ini karena memiliki 150 an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah dan anggota IKAPI.
Berikut 2 buku yang beliau unggulkan
7 cara Promosi buku biar jadi Best Seller yang beliau sampaikan melalui link youtube beliau
Ada 4 strategi pemasaran yaitu : 4 P
Product, Price, Place and Promotion.
Product
Target pembaca akan menentukan strategi pemasaran. Sebelum menulis buku tentukan dulu Target Audience . Buku yang akan kita tulis siapa sasarannya., siapa pembacanya. tentukan dulu life style pembaca buku. Untuk anak anak umumnya berwarna, banyak ilustrasi gambar, tulisan besar besar dan sedikit, untuk remaja lebih funky, enak dilihat tidak standar, sedangkan untuk resmi /formal umumnya lebih standar. Umumnya itu domain penerbit. Penulis dapat memberi masukan pada penerbit.
Price
Menentukan harga biasanya tanggung jawab penerbit. Umumnya ada 2 strategi
Harga buku secara umum dan harga buku dijual dengan harga premium. Harga buku premium jika memiliki nilai tambah, misalnya hardcover, ditambah bonus bonus ( voucher seminra, workshop dan lain lain ).
Place Of Distribution
Distribusi terbagi dua : Distribusi tradisional dan non tradisional
Disrtibusi tradisional melalui toko toko buku, baik jaringan nasional maupun lokal.
Distribusi non tradisional diantaranya melalui "
1. MLM ( Multi Level marketing )
2. Penjualan Langsung
3. Market Place / E Commerce ( Lazada, bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain lain .
Promotion
Program promosi biasanya dilakukan oleh penerbit dan penulis. Program promosi yang dpat dilakukan
Pertama :
Launching Buku untuk meluncurkan buku baru,bisa di aula,lembaga pendidikan,hotel,atau dimana saja.
Biaya lanching bisa dari penrbit dan penulis, asalkan kita bisa meyakinkan bahwa buku akan laku.
Di toko buku gramedia, menyediakan tempat untuk launching buku.
Kedua :
Bedah Buku, adalah acara diskusi untuk membedaha isi buku kita.. Bedah buku bisa secara online maupun offline. Offlibe kita bisa bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim , masjid dan sebagainya.
Saat ini mudah untuk bedah buk secara online melalui FB, IG, WA grup, Zoom, GM dan sebagainya.
Ketiga :
Seminar atau workshop dengan tema sesuai buku kita. Awalnya bisa gratism karena tjuannya promosi. lakukan secara kontinyu. Jika offline bisa di sekolah, jika online bisa memalui media sosial.
Kempat :
Membangun komunitas, yang disesuaikan dengan tema buku kita. Jika tema tentang guru dan pendidikan, bangun komunitas dengan guru guru. . komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca. Nara smber membangun kominutas dengan santri, remaja, bisnis , guru dan sebagainya. Komunitas di dibangun melalui WA grup, sesekali seminar melalui zoom.
Kelima :
Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang orang yang mau menjalkan buku kita dan mendapatkan komisi dari hasil yang terjual. komisi 20-20 persen dari harga jual. Reseller akan memudahkan penjualan buku.
Keenam ;
Jualan di marketplace seperti Lazada, shopee, tokopedia, buka lapak dan sebagainya. Membuka toko di market place akan meluaskan promosi dan distribusi . Sehingga memudahkan jika orang mencari judul buku kita.
Ketujuh :
memanfaatkan media sosial (medsos ) untk promosi buku. Manfaatkan followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Pengaruhi orang orang untuk untuk menjadikan buku sebagai kebutuhan utama.. Dengan membangun kebtuhan membaca, maka memudahkan proses menjual buku.
Ringkasan Tanya Jawab :
Syafruddin dari Tolitoli
Jawaban :
Menguasai teknik promosi buku dari belajar . Belajar dari orang orang yang bukunya laris. Belajar dari membaca buku dan diaplikasikan. Belajar teori pemasaran. Pelajari kebutuhan dan orang dan menjangkau mereka. belajar lalu praktikkan.
Sri Sugiastuti dari Solo :
Jawaban:
Buku dijual melalui beberapa kanal, Gramedia, langsung, shopee, saat ini sedang dibangun melalui reseller. Dibuatk an flyer, broadcast, diberi pelatihan, materi buku buku. Reseller memperluas pemasaran.Komunitas dibangun karena saling memberi manfaat. Manfaat yang diberi nara sumber adalah ilmu menulis. Dilatih untuk dapat menulis, jika belum bisa solo bisa dengan antologi. Kerangka, tema, diajarkan hingga komunitas dapat menulis dengan tema yang kuat dan berciri khas.
Bu Kanjeng dari Solo
Jawaban;
Prospek perbukuan di era digital , saat ini masih tinggi minat di buku kertas. Prospek ke depan kodrat alam akan mengikuti perkembangan zaman untuk ikut menerbitkan buku digital. Secara praktis saat ini memang masih banyak orang lebih minat ke nonton. Melalui youtube kadang kurang mendalam . Jadikan youtube hanya pintu masuk untkmembaca buku.
Endang dari Depok
Jawaban :
Jangan fokus pada Kendala yang dihadapi dalam promosi buku, tapi pada solusi. Perbaiki promosi jika apa yang kita sampaikan tidak mendapat tanggapan. Masalah membuat kita pintar.. Update status buku karya kita setiap hari. jangan bosan.
Aam Nurhasanah dari Lebak
Jawaban:
Bebaskan saja diri kita , jangan terikat dengan ketentuan atau teori menulis. Jika ingin trampil menulis, menulislah setiap hari, menulislah dari hati, jangan terpaku dengan teori. Nanti akan ketemu style kita. Tulisan kita akan berbeda .Menulislah secara alami.
Bu Kanjeng dari Solo
Jawaban :
Ketika kita mengajak atau membangun sekitar untuk menulis, kemudian ada yang gugur. Semua bergantung pada kesabaran dan konsistensi. 1-2 orang pun tetap di bimbing karena mungkin akan menjadi unggulan dari apa yang kita lakukan. Tunjukkan ajakan kita memberikan kebaikan bagi orang lain.
ada 2 pola jualan : hard selling, langsung menawarkan spesifikasi barang dan detailnya dan soft selling, terus menulis dan sosialisasikan walaupun buku belum terbit. Kisah man jadda wajada, respon pembaca atas buku man jadda wajada yang disosialisasikan. Berbagi kisah dan selling di selang seling.
Helwiyah dari Bekasi
Jawaban ;
Berawal penjualan buku untuk para santri dengan harga Rp 50.000. ragu laku atau tidak. Ada Teman berkata Yakinkan bahwa manfaat yang akan mereka terima akan jauh lebih besar dari apa yang mereka keluarkan.
Bu Diyah dari Malang
Jawaban :
Promosi melalui update status WA dan WA grup efektif untuk promosi. Selama tidak melanggar aturan grup. Kelebihan buku premium Pak Akbar dengan memberikan voucher pelatihan.
Aneng Sri Mulyani dari Kuningan
Jawaban ;
Aplikasi untuk merevisi tulisan secara digital mengenai ejaan atau ssalah ketik tidak ada.
Catatan Penutup
Tugas kita bekerja, buat program, lakukan promosi sebanyk banyaknya . biarlah hasil Allah yang menentukan. Kita bisa dan mampu jika kita yakin. Menulis itu ktetrampilan, semakin rajin berlatih, akan semakin hebat tulisan kita.
Buat target, rencana, jalankan, evaluasi. bila gagal, coba lagi.
Sebagai penulis, kalau bisa kita memiliki beberapa ketrampilan untuk membantu proses penjualan buku.
1. Ketrampilan Berbicara
2. Ketrampilan Copywriting ( Mambuat kata menarik untk promosi dan penjualan )
3. Pemanfaatan Teknologi informasi
Refleksi Diri :
" Kembangkan sayap, tebarkan jangkauan, libatkan orang lain untuk memperkenalkan karya kita"
" Keyakinan akan keberhasilan promosi yang kita lakukan akan meningkatkan motivasi berbuat"
" Yakinlah bahwa manfaat dari buku yang kita jual lebih besar dari apa yang mereka keluarkan"
" Media sosial saat ini efektif untuk promosi buku, manfaatkan dengan bijak dan efektif "
Bekasi, 23 Agustus 2021
Melaju menulis di jalur F1 ditemani ..... Mantap banget Bu...
ReplyDeleteluar biasa...Bu Ewi selalu kerren tulisannya
ReplyDeleteMantap bu, informatif
ReplyDeleteRoti kukusnya ..hmmm..nyammi..👍👍
ReplyDeleteHaha...Elegi Roti Kukus....
ReplyDeleteMantabs moms..lengkap2..kap..informatif...🥰👍
selalu keren dan lengkapnyaa.. mantul
ReplyDeleteLuar biasa cakep lengkap
ReplyDeleteHebat Mom.
ReplyDeleteDapat melakukan gerak cepat membuat rangkuman berupa VN
Seperti produk roti kukus, tanpa promosi takkan dikenal orang ya bun, hiihiii.... resuma yg lengkaaapp ..👍👍
ReplyDeleteKembangkan sayap, tebarkan jangkauan, libatkan orang lain untuk memperkenalkan karya kita"
ReplyDeleteasal jangan tiru puan yang kepak sayap puan maharani untuk 2024 saja....
Selalu ada kuote dan refleksi. Lengkap dan makin mantap. SEMANGAT yundaku
Yuk promosikan bukunya dengan ilmu yang diberikan Pak Akbar
ReplyDelete